Minggu, 11 Juli 2010

Dewan Paroki Pleno

Hari Jumat yang lalu tanggal 9 Juli 2010, kurang lebih sebanyak 70'an orang dari Paroki Cilangkap sudah berkumpul di Rumah Retret Wisma Samadi Klender, Jl. Dermaga No 6, Jakarta. Bapak dan bu yang berukumpul tersebut adalah mereka yang baru ditunjuk sebagai pengurus lingkungan dan seksi yang baru dan juga mereka yang masih dipercaya oleh Dewan Paroki Harian.

Perkumpulan itu dimulai ketika sore itu Jakarta masih diguyur hujan. Bahkan dibeberapa tempat, dikabarkan mengalami hujan yang sangat lebat. Alhasil, pengurus lingkungan dan seksi yang dikumpulkan untuk menerima pembekalan, ada juga yang terlambat karena terhadang hujan.


Adalah Romo Hardo, yang juga sering memimpin Misa di Paroki Cilangkap, didaulat sebagai narasumber pemberi pencerahan bagi pengurus baru itu. memang suasana pada awalnya masih sangat terlihat tegang. Maklum, sebagian besar adalah muka-muka baru dan baru pertama kali bertemu dengan pengurus lainnya sehingga masih sungkan..

Acara yang dibuka dengan Pencerahan Spiritualisme Santo Yohanes Maria Vianney yang dibawakan oleh Romo Ferdinandus Kuswardianto, Pr, membuat saya sebagai penulis merasa kagum. Dan mungkin bukan saya saja, mungkin juga sebagian peserta yang hadir, kagum dengan sikap hidup St. Yohanes Maria Vianney yang begitu mulia ingin merubah harkat dan martabat, juga sikap hidup umat di kota Ars, sebuah perkampungan yang imannya jauh dari Gereja. Tetapi, dengan penuh kepercayaan, Santo yang juga mantan seorang tentara ini berhasil mengubah mereka menjadi mutiara.

Dikesempatan lain, Romo Hardo sangat lincah memainkan materi dengan beberpa selipan humor yang sanggup "mengguncang" tubuh karena saking lucunya. Tetapi peserta tetap serius menerima berbagai materi pencerahan tersebut.....

Rekoleksi tak hanya diisi dengan berbagai ceramah, tetapi diisi juga dengan kegiatan diskusi antar peserta yang selain menjawab persoalan riil di Umat Basis, juga memperat hubungan sesama pengurus. SEdangkan untuk Wilayah Delapan belum mengalami perubahan. Ketua Wilayah 8 masih dijabat oleh Bp. Tamtomo, sedangkan untuk Lingkungan Sesilia masih dipercayakan kepada Ibu Theresia Silalahi dan Bapak FX. Eddy Suprapto. (selamat ya)

Akhirnya, acara yang ditutup Misa yang dipimpin Oleh Romo Yohanes Hadi Suryono, Pr dan Romo Hardo itu, membuat peserta Rekoleksi puas. Puas karena kerja panitia, juga apa yang didapat dalam 3 hari itu. Kiranya, dengan rekoleksi ini, semua pengurus wilayah, lingkungan dan seksi, semakin bersuka cita dalam melayani umat basis...


(ebato)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar