Selasa, 16 Februari 2010

Masa Paska

MULAI hari Rabu ini, umat Katholik di seluruh dunia memulai masa Paska / Paskah dengan mengikuti Misa Rabu Abu. Misa ini ditandai dengan penorehan abu (memang benar-benar berasal dari abu bakaran dau palma) di kening setiap umat. Tidak saja yang sudah menerima komuni, tetapi anak bayi pun wajib menerima tanda ini.

Dengan menerima abu, kita di ingatkan untuk bersikap penuh toleransi terhadap sesama. Apalagi terhadap sesama yang berkekurangan. Di Indonesia sendiri, umat katholik mengambil tema aksi puasa "Mari Bekerjasama Memerangi Kemiskinan"

Miskin bukan saja milik si miskin. Miskin menjadi milik kita bersama. karena masing-masing kita mempunyai kekurangan yang kelihatan dan tidak kelihatan. Miskin bisa karena harta, iman, kepedulian dan lain-lain. Secara global, miskin harus diperangi. Agar kita makin kaya. Bukan kaya harta karena hasil korupsi, tetapi kaya akan iman, kay akan kepedulian dan sebagainya.

So, menjalani masa paska sampai masuk ke hari Kamis Putih, Jumat Agung dan Akhirnya malam Paska, sangat banyak yang bisa kita lakukan terhadap sesama. Maka, jika tidakingin tertinggal atau telat melakukan sesuatu, lebih baik, segeralah bertindak bagi dan untuk sesama....


Selamat menjalankan...

Tuhan Beserta Kita

(ebato)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar